REDENOMINASI !!!!!!!

Standar

Sebuah kata yang akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan masayarakat kita…. Apa sih itu sebenarnya redenominasi ? Sepanjang yang saya ketahui redenominasi adalah sebuah pengurangan jumlah angka (angka nol) dari mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut… Banyak sekali pro dan kontra tentang ini.. Saya beranggapan bahwa munculnya pro dan kontra itu adalah suatu hal yang wajar dalam sebuah kehidupan.. tetapi tentunya pro dan kontra itu harus disertai dengan opini yang kuat juga sehingga tidak akan menimbulkan saling menghujat.. Disini saya akan mencoba berpikir secara netral, karena bagi saya yang pengetahuannya rendah saya akan menilai dengan pengetahuan saya digabungkan dengan pemikiran saya..

REDENOMINASI…

Kata yang benar benar baru di telinga saya, maklum saya bukan orang ekonomi.. Dari arti katanya saya mencoba untuk menelaah lebih dalam tentang manfaat dan akibatnya.. Saya mencoba berpikir pada saat saya sudah terbiasa kerja berat, kemudian saya mendapat tugas untuk bekerja yang lebih ringan, pastilah pikiran ini rasanya enteng dan fresh. Nah, seperti itulah saya mencoba menganalogikan tentang redenominasi.. Ketika dimasa sekarang kita sudah terbiasa berpikir tentang nominal uang yang begitu besar kemudian kita di minta untuk berpikir tentang nominal yang lebih kecil atau sederhana tentunya pikiran dan otak kita akan lebih fresh.. Sebagai contoh dulu kita selalu berpikir tentang harga beras 9000 kemudian kita disuruh untuk berpikir tentang harga beras yang 9 rupiah.. tentulah pikiran kita tidak akan berpikir terlalu berat, karena hanya berpikir tentang 9 rupiah.. Walaupun untuk mencari 9 rupiah mungkin akan sama susahnya dengan mencari 9000. Tetapi secara psikologis kita akan merasa lebih enteng.. Kalau memang redenominasi itu tidak merubah nilainya..

Sehingga kalau memang redominasi itu tidak merubah nilai.. maka saya berpikir bahwa secara psikologis akan sangat membantu kita semua untuk mencapai sesuatu yang lebih baik…

Tinggalkan Balasan

